DIVISI KARDIOLOGI, DEPT ILMU PENYAKIT DALAM FKUI-RSCM
 
PENDAHULUAN

Sejak EKG diperkenalkan oleh Einthoven, seorang dokter berkebangsaan Belanda yang lahir di Indonesia pada tahun 1895,(1) penggunaan EKG semakin luas, sehingga hampir di semua pelayanan kesehatan sudah memiliki alat ini. EKG merupakan rekaman potensi listrik yang dihasilkan oleh otot jantung dalam bentuk grafis/gambar. Potensi listrik ini dideteksi oleh sadapan yang diletakkan di atas kulit untuk kemudian diolah (diamplifikasi, difiltrasi) menjadi bentuk grafik. Rekaman listrik jantung dapat diperoleh baik melalui sadapan permukaan tubuh maupun sadapan intrakardiak.
Dalam praktek sehari–hari, perekaman listrik jantung melalui permukaan tubuh merupakan metode yang paling mudah dilakukan. Dalam makalah ini, EKG yang dimaksud adalah EKG permukaan tubuh (surface EKG) kecuali dinyatakan lain (biasanya rekaman listrik jantung melalui endokardium disebut sebagai elektrogram).

Sebelum melakukan intepretasi EKG, pengertian mengenai anatomi dan fisiologi jantung yang membentuk grafik EKG sangat diperlukan. Pada makalah ini akan dibahas mengenai anatomi dan fisiologi jantung terutama berkaitan dengan dasar–dasar EKG.

Selengkapnya dapat dilihat melalui tampilan dokumen dibawah ini.
Maria
12/28/2014 17:23:55

Reply
dwi antoro
10/8/2015 11:06:39

Mau nanya-kalau detak jantung sering kenceng kenapa ya?

Reply



Leave a Reply.